RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Welahan
Kelas : X
Semester : Genap
Program : IPS
Mata Pelajaran : sosiologi
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
A. A. Standar Kompetensi
Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
B. B. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan nilai dan norma sosial yang berlaku dalam masyarakat.
C. C. Indikator
· Menjelaskan pengertain nilai dan norma sosial.
· Mengidentifikasi nilai dan norma.
· Mengklasifikasi kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
· Membedakan nilai dan norma.
· Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat.
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat :
1. Menjelaskan pengertain nilai dan norma sosial.
2. Mengidentifikasi nilai dan norma.
3. Mengklasifikasi kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
4. Membedakan nilai dan norma.
5. Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat.
E. Materi Ajar
1. Pengertian Nilai Sosial.
pengertian nilai sosial adalah penghargaan yang diberikan masyarakat terhadap sesuatu yang dianggap baik, luhur, pantas dan mempunyai daya guna fungsional bagi masyarakat
2. Ciri-ciri Nilai Sosial.
Nilai sosial mempunyai ciri sebagai berikut :
a. Merupakan hasil interaksi sosial antarwarga masyarakat.
b.Nukan bawaan sejak lahir melainkan penularan dari orang lain.
c. Terbentuknya melalui proses belajar ( sosialisasi )
d. Merupakan bagian dari usaha pemenuhan kebutuhan dan kepuasan sosial manusia.
e. Bervariasi antara kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain.
F. Alokasi Waktu
Alokasi waktu yang digunakan untuk 1 X pertemuan 2 X 45 menit ( 2 jp)
G. Model Pembelajaran
Menggunakan model pembelajaran example non example
H. Kegiatan Pembelajaran
1 | Kegiatan Pendahuluan | Alokasi Waktu |
- Motivasi : Guru memulai pelajaran dengan menanyakan siswa yang tidak hadir beserta alasanya. - Guru menyampaikan indicator dan tujuan pembelajaran. - Pengetahuan prasyarat : - Rambu-rambu belajar : siswa secara aktif mengkaji materi, guru mengarahkan siswa untuk mencapai tujuan sesuai indicator yang ada. | 10 menit | |
2 | Kegiatan Inti | |
A. Eksplorasi - siswa dengan rasa tanggungjawab mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian dan ciri-ciri norma sosial. B. Elaborasi - Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, lalu dengan bekerjasama mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang disediakan guru. - Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru membuat kesimpulan. C. Konfrimasi - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya berkaitan dengan materi. - Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pengalaman belajar atau kesulitan / kendala dalam pembuatan / penyususnan tugas. | 75 menit | |
3 | Kegiatan Penutup | |
- Post test : Guru menyiapkan 3 pertanyaan sebagai umpan balik kepada siswa | 5 menit |
I. Metode Pengajaran
· Ceramah bervariasi.
· Diskusi .
· Penugasan.
· Examples Non Examples.
· Make a Match
J. Sumber, Bahan Dan Alat Belajar
- Sosiologi 1, KBK, Tim Sosiologi, Yudhistira
- Sosiologi SMA Kls I, Kun Maryati, ESIS
- Kamus Sosiologi.
- Masyarakat setempat.
- Media massa dan elektronik.
- LCD
Mengetahui Ungaran,
Kepala SMA Negeri 2 Ungaran Guru Mata Pelajaran
Dra. Andika R.A. M.M. M. Taufiq S.pd.
NIP 195912051985032006 NIP195912053985032007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar