Rabu, 07 Desember 2011

SILABUS Sosiologi Kelas X



Mata Pelajaran            : Sosiologi
Kelas/Program             : X/Ilmu Sosial
Semester                      : 1 (satu)
Standar Kompetensi   : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

No.
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi pokok/
pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Waktu
Sumber/bahan/alat
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
1.1.
Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan



















·         Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode














·         Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial.



·         Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat.
·     Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan

·      Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli.

·      Secara berkelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi.






·      Secara berkelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial.


·      Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat


·      Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realita sosial.

Test tertulis dan berbicara










Test tertulis











Penugasan
Diskusi kelompok











Pilihan ganda,












Uraian






Tugas individu
 Bacalah kasus Dampak Lumpur Lapindo dalam buku Esis 25-26.

Sosiologi lahir dari lontaran kekhawatiran seorang ahli filsafat Perancis yang bernama….
a.       Herbert Spencer
b.      Ausguste Comte
c.       Thomas Hobbes
 (lihat buku  Esis, halaman  27-30)

1.      Jelaskan pengertian sosiologi, objek sosiologi, dan tujuan sosiologi!
2.      Apa gunanya belajar sosiologi?






Buatlah sebuah karangan tentang peran sosiologi dalam hidup bermasyarakat.
4 x 40’








Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas X Kun Maryati  dan Juju Surayawati (ESIS)

Artikel, gambar, dari berbagai media massa


Kamus Sosiologi











Koran, majalah, TV, internet.


1.2.
Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
·         Menjelaskan nilai dan norma.
·         Membedakan nilai dan norma



·         Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.











·         Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.








·         Nilai dan Norma

·         Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.


·         Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.











·         Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat.

·         Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

·         Merumuskan solusi dalam penanganana pelanggaran nilai dan norma.





Test Tertulis





Penugasan














Penugasan











Ulangan Blok
Uraian






Tugas individu














Hasil diskusi











PG dan Urain


Jelaskan fungsi nilai bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat?




Indentifikasikanlah nilai-nilai sosial yang kamu anggap baik dan kurang baik dalam masyarakat di daerahmu!
Isilah kolom di bawah ini!

NO.
Nilai social yang baik
Nilai social yang tidak baik












Bacalah kasus Korban Pencurian Yang Baik Hati kemudian diskusikan bersama teman-temanmu! (Buku halaman 46-47)


1.      Apa yang dimaksud dengan nilai sosial dan apa ciri-ciri serta fungsinya?
2.      Sebutkan macam-macam nilai sosial!
3.      Apa yang dimaksud dengan norma dan apa fungsi norma bagi masayrakat?
4.      Bagaimana tingkatan dan jenis-jenis norma dalam masyarakat?


12 jam
Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas X Kun Maryati  (ESIS)


Artikel dari koran dan internet


Kamus Sosiologi










Masyarakat setempat

Data instansi/lembaga


1.3.
Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial.
·         Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial







·         Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial








·         Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial.

Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial
·         Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial.
·         Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial

·         Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru.


·         Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial.


·         Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat.
·         Secara individu menerapkan pola-pola interaksi untuk terbentuknya keteraturan sosial.


Penugasan










Penugasan






Penugasan

Tugas kelompok













Ulangan Blok


Portofolio










Diskusi kelompok





Pengamatan
















PG dan Uraian singkat
Ungkapkan secara tertulis pengalamanmu berinteraksi dengan teman atau orang lain!







Diskusikan factor-faktor interaksi social apa yang menyebabkan anak-anak muda senang dengan grup musik tertentu?


Amatilah masyarakat di sekitarmu! Identifikasikanlah factor-faktor pendorong interaksi mereka dan catatlah dalam bentuk tabel berikut!
No.
Bentuk interaksi
Faktor pendorong













1.      Apa yang dimaksud dengan kontak social? (Buku Esis, halaman 84-86)


8 jam






















Sosiologi untuk SMA dan MA  kelas X Kun Maryati  dan Juju Surayawati (ESIS)


Artikel dari koran dan internet







Gambar, foto, CD,

Masyarakat setempat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Advertisement (468 x 60px )