Mata Pelajaran : Sosiologi
Kelas/Program : X/Ilmu Sosial
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
No. | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi pokok/ pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Waktu | Sumber/bahan/alat | |||||||||||
Teknik | Bentuk | Contoh Instrumen | ||||||||||||||||
1.1. | Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | · Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan metode · Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep tentang realitas sosial. · Mengidentifikasi data tentang realitas sosial masyarakat. | · Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan | · Secara individu menggali informasi melalui studi pustaka tentang konsep dasar dan metode sosiologi menurut para ahli. · Secara berkelompok mendiskusikan konsep dasar dan metode sosiologi. · Secara berkelompok mendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari tentang hubungan berbagai konsep realitas sosial. · Secara individu menggali informasi melalui media massa tentang realitas sosial masyarakat · Secara individu mengungkapkan kembali hasil temuannya tentang realita sosial. | Test tertulis dan berbicara Test tertulis Penugasan | Diskusi kelompok Pilihan ganda, Uraian Tugas individu | Bacalah kasus Dampak Lumpur Lapindo dalam buku Esis 25-26. Sosiologi lahir dari lontaran kekhawatiran seorang ahli filsafat Perancis yang bernama…. a. Herbert Spencer b. Ausguste Comte c. Thomas Hobbes (lihat buku Esis, halaman 27-30) 1. Jelaskan pengertian sosiologi, objek sosiologi, dan tujuan sosiologi! 2. Apa gunanya belajar sosiologi? Buatlah sebuah karangan tentang peran sosiologi dalam hidup bermasyarakat. | 4 x 40’ | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS) Artikel, gambar, dari berbagai media massa Kamus Sosiologi Koran, majalah, TV, internet. | |||||||||
1.2. | Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat | · Menjelaskan nilai dan norma. · Membedakan nilai dan norma · Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat. · Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. | · Nilai dan Norma | · Secara individu menggali informasi tentang pengertian nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara individu dapat membedakan antara nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok mendiskusikan tentang peran nilai dan norma sosial dalam kehidupan masyarakat. · Secara kelompok berdiskusi tentang kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat. · Merumuskan solusi dalam penanganana pelanggaran nilai dan norma. | Test Tertulis Penugasan Penugasan Ulangan Blok | Uraian Tugas individu Hasil diskusi PG dan Urain | Jelaskan fungsi nilai bagi seseorang dalam hidup bermasyarakat? Indentifikasikanlah nilai-nilai sosial yang kamu anggap baik dan kurang baik dalam masyarakat di daerahmu! Isilah kolom di bawah ini!
Bacalah kasus Korban Pencurian Yang Baik Hati kemudian diskusikan bersama teman-temanmu! (Buku halaman 46-47) 1. Apa yang dimaksud dengan nilai sosial dan apa ciri-ciri serta fungsinya? 2. Sebutkan macam-macam nilai sosial! 3. Apa yang dimaksud dengan norma dan apa fungsi norma bagi masayrakat? 4. Bagaimana tingkatan dan jenis-jenis norma dalam masyarakat? | 12 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati (ESIS) Artikel dari koran dan internet Kamus Sosiologi Masyarakat setempat Data instansi/lembaga | |||||||||
1.3. | Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial. | · Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial · Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dan ketaraturan sosial. | Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial | · Secara individu menggali informasi dari berbagai referensi perpustakaan tentang interaksi sosial dan dinamika sosial. · Menyimpulkan temuan pustaka tentang interaksi sosial dan dinamika sosial · Secara kelompok mendiskusikan kartu kasus yang sudah disiapkan guru. · Secara klasikal merumuskan faktor-faktor yang mendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial. · Secara individu mengungkapkan pengalaman berinteraksi sosial dalam masyarakat. · Secara individu menerapkan pola-pola interaksi untuk terbentuknya keteraturan sosial. | Penugasan Penugasan Penugasan Tugas kelompok Ulangan Blok | Portofolio Diskusi kelompok Pengamatan PG dan Uraian singkat | Ungkapkan secara tertulis pengalamanmu berinteraksi dengan teman atau orang lain! Diskusikan factor-faktor interaksi social apa yang menyebabkan anak-anak muda senang dengan grup musik tertentu? Amatilah masyarakat di sekitarmu! Identifikasikanlah factor-faktor pendorong interaksi mereka dan catatlah dalam bentuk tabel berikut!
1. Apa yang dimaksud dengan kontak social? (Buku Esis, halaman 84-86) | 8 jam | Sosiologi untuk SMA dan MA kelas X Kun Maryati dan Juju Surayawati (ESIS) Artikel dari koran dan internet Gambar, foto, CD, Masyarakat setempat |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar