Jumat, 06 Januari 2012

RPP Sosiologi Kelas X / 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah              : SMA Negeri 1 Welahan
Mata Pelajaran             : Sosiologi
Kelas/semester             :  X/ 1

Standar Kompetensi     : 1.     Memahami perilaku keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan
                                                     norma yang berlaku dalam masyarakat.
Kompetensi Dasar       :  1.2. Mendeskripiskan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
Indikator                      :
·         Menjelaskan nilai dan norma.
·         Membedakan nilai dan norma.
·         Menjelaskan peran nilai dan norma dalam masyarakat.
·         Mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

Alokasi Waktu        :  6 x 40 menit (2 X Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.    mendeskripsikan pengertian nilai sosial.
2.    mendeskrispsikan ciri-ciri, fungsi, dan macam-macam nilai sosial
3.    menjelaskan pengertian norma sosial
4.    menjelaskan macam-macam norma sosial
5.    mengidentifikasi tingkatan norma dalam masyarakat.
                                    

B.     Materi Pembelajaran

1.      Hakikat Nilai  dan Macam-Macam Nilai Sosial
2.      Hakikat Norma, Tingkatan, dan Jenis-Jenis Norma dalam Masyarakat

C.     Metode Pembelajaran

  1. informasi
  2. kerja mandiri
  3. eksplorasi
  4. diskusi

D.     Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan I

No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa atau mengumpulkan tugas, kebersihan kelas dan lain-lain)
b.      Memotivasi
Guru memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu nilai dan norma sosial. Untuk apa nilai dan norma sosila dalam hidup bermasyarakat.
c.       Guru menjelaskan tentang tentang tujuan pembelajaran nilai dan norma sosial.

10 menit

2.
Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang nilai dan macam-macam nilai sosial.
2.      Siswa dibagi dalam kelompok, lalu mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang ada dalam buku halaman 33.
3.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru membuat kesimpulan.
4.      Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 37.
5.      Siswa dibagikan dalam beberapa kelompok. Kemudian siswa diminta untuk mendiskusikan nilai-nilai yang dianut dalam masyarakat. Dan nilai-nilai apa saja yang mempengaruhi dirinya.
6.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Guru bertugas sebagai pemandu diskusi kelas.
7.      Siswa dan guru membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
60 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
Siswa mengerjakan tugas ”Uji Penguasaan Materi” dalam buku halaman 40. 
b.      Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk  menanyakkan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
10 menit



2.      Pertemuan II


No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Keterangan
1.
Pendahuluan
a.      Apresepsi
Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran (absensi, memeriksa kebersihan kelas dan lain-lain)
b.      Memotivasi
Guru menjelaskan tentang norma-norma yang ada dalam masyarakat. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan seputar peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat.
c.       Rambu-rambu belajar
Siswa mendengarkan tujuan mempelajari norma yang ada dalam masyarakat.

 10 Menit

2.
Kegiatan Inti
a.       Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian norma, tingkatan dan macam-macam norma.
b.      Siswa menulis beberapa norma yang berlaku dalam masyarakat.
c.       Salah seorang siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas.
d.       Siswa memperhatikan guru membuat bagan perbedaan antara norma-norma yang ada dalam masyarakat. Kemudian siswa membuatnya sendiri.
e.       Siswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mendiskusian pertanyaan berdasarkan kasus yang ada dalam buku halaman 46.
f.       Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu jalannya diskusi.
g.       Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai. 
60 Menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang pengertian norma dan macam-macam norma dalam masyarakat.
b.      Penugasan
Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang sudah diajarkan untuk mempersiapkan ulangan blok.  
10 menit


3.      Pertemuan III.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Advertisement (468 x 60px )