Jumat, 06 Januari 2012

BAB I SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU YANG MENGKAJI PERILAKU SOSIAL DALAM MASYARAKAT











A. SOSIOLOGI SEBAGAI ILMU
Sejak dilahirkan di dunia, manusia memiliki naluri untuk memperhatikan manusia lain yang ada di sekitarnya. Lingkungan pertama yang menjadi perhatian adalah  keluarganya,
yang terdiri dari kedua orang tua, ssaudara, dan mungkin juga orang lain yang telah  dianggap menjadi bagian dari keluarga yang bersangkutan. Selanjutnya manusia juga  memperhatikan lingkungan lain yang lebih luas, seperti karib kerabat, tetangga, kawan sepermainan, dan seterusnya. Perhatian tersebut pada awalnya bersifat naluriah saja, oleh karena sejak dilahirkan manusia memiliki hasrat yang kuat untuk senantiasa hidup bersama dengan sesama manusia. Perhatian yang bersifat naluriah tersebut mula-mula hanya merupakan pengetahuan belaka, kemudian secara lambat laun tersusun secara sistematis. Dalam perkembangan selanjutnya, muncullah orang-orang yang secara khusus memikir-kan masyarakat beserta kehidupannya secara mendalam dalam rangka mencari kebenaran yang hakiki. Berawal dari pemikiran yang mendalam seperti itulah kemudian berkembang ilmu pengetahuan, dalam hal ini adalah ilmu sosiologi dan ilmu antropologi. Tentu kalian ingin tahun, apakah yang dimaksud dengan ilmu sosiologi dan ilmu  antropologi itu? Dalam bab ini akan diuraikan masalah-masalah yang berkaitan dengan ilmu sosiologi
dan ilmu antropologi..
Pemikiran-pemikiran Auguste Comte tentang masyarakat mendapat perhatian dari  pemikir-pemikir sosial pada generasi berikutnya. Itulah sebabnya sosiologi mengalami perkembangan secara pesat yang ditandai dengan bermunculannya ahli-ahli sosiologi. Karena objek kajian sosiologi adalah kehidupan masyarakat yang bersifat dinamis dan sangat beragam, sehingga terdapat beberapa perbedaan sudut pandang terhadap konsep sosiologi. Perbedaan  sudut pandang tersebut tentu akan memunculkan berbagai definisi tentang sosiologi. Beberapa
pendapat tentang sosiologi dapat diperhatikan pada uraian berikut ini:
1. Menurut Max Weber, sosiologi merupakan ilmu yang berhubungan dengan pemahaman
terhadap tindakan-tindakan sosial dan sekaligus berhubungan dengan suatu penjelasan
kausal mengenai arah, tujuan, dan konsekuensi dari tindakan sosial.
2. Menurut Roucek Warren, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara
manusia dalam kelompok.
3. Menurut Peter L. Berger, sosiologi merupakan studi ilmiah mengenai hubungan antara
masyarakat dengan individu.
4. Menurut Emile Durkheim, sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari fakta-
fakta sosial. Selanjutnya tokoh ini juga menjelaskan bahwa fakta sosial sangat berbeda
dengan fakta individual. Fakta sosial bukanlah fakta individual.
5. Menurut Pitirim Sorokin, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang: (1)
hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial, (2)
hubungan antara gejala-gejala sosial dengan gejala-gejala nonsosial, dan (3) ciri-ciri
umum semua jenis gejala sosial lainnya. Hubungan timbal balik antara gejala-gejala sosial misalnya adalah: hubungan antara tingkat ekonomi dengan perilaku sosial, hubungan antara pendidikan dengan kebudayaan, hubungan antara pendidikan dengan ekonomi, hubungan antara agama dengan kehidupan sosial, dan lain sebagainya. Hubungan timbal balik antara gejala-gejala sosial dengan gejala-gejala nonsosial
misalnya adalah: hubungan antara kondisi geografis dengan kebudayaan, hubungan antara iklim dengan kehidupan ekonomi, dan lain sebagainya.
6. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi, sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Beberapa pendapat di atas menunjukkan, selain adanya perbedaan cara pandang yang ditunjukkan oleh masing-masing sosiolog, juga menunjukkan adanya aneka ragam gejala sosial yang menjadi kajian sosiologi. Namun secara umum dapat dikatakan bahwa  sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan-hubungan antarmanusia dalam kehidupan masyarakat, baik struktur sosial, proses sosial, dan perubahan-perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Lalu, apakah yang dimaksud dengan masyarakat tersebut?
J.L. Gillin dan J.P. Gillin mengatakan bahwa masyarakat merupakan kesatuan hidup
manusia yang terikat oleh suatu tata cara (sistem), kebiasaan, dan adat istiadat tertentu yang dianut oleh anggota-anggotanya. Dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Antropologi,
Koentjaraningrat mengatakan bahwa masyarakat merupakan sekumpulan manusia yang saling bergaul atau saling berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Tidak diragukan lagi bahwa sosiologi merupakan suatu ilmu. Pernyataan tersebut
 setidaknya didukung oleh beberapa hal yaitu:
1.      Memiliki objek kajian
Objek kajian sosiologi adalah fenomena sosial secara umum. Dengan demikian, sosiologi tidak terfokus pada bidang-bidang kajian yang spesial seperti ilmu hukum, ilmu ekonomi, ilmu politik, sejarah, antropologi, dan lain sebagainya.
2.      Memiliki metode ilmiah
Secara singkat dapat dikatakan bahwa metode ilmiah merupakan seperangkat langkah-langkah yang disusun secara sistematis guna:
a. Menggali data yang diperlukan dalam suatu penelitian,
b. Menganalisis data penelitian,
c. Menginterpretasikan data penelitian, dan
d. Mengambil kesimpulan dalam sebuah penelitian ilmiah.
Metode sosiologi akan dijelaskan dalam bagian tersendiri.

3.      Memiliki masyarakat ilmiah
Masyarakat ilmiah merupakan sekumpulan orang yang menggeluti disiplin ilmu  tertentu untuk mempelajari dan sekaligus mengembangkan bidang keilmuan sesuai dengan disiplin ilmu yang dipilih. Tidak sedikit tokoh yang memilih sosiologi sebagai disiplin ilmu yang dikaji secara mendalam sehingga memunculkan sosiolog-sosiolog yang menciptakan masyarakat ilmiah tersendiri
Objek kajian sosiologi yang merupakan fenomena sosial secara umum  memungkinkan berkembangnya beberapa cabang dalam disiplin ilmu sosiologi, di antaranya adalah:
a.Sosiologi Agama, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari fenomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku beragama.
b. Sosiologi Politik, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari fenomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku berpolitik.
c.Sosiologi Pendidikan, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari fenomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku pendidikan.
d. Sosiologi ekonomi, yakni suatu cabang sosiologi yang secara khusus mempelajari fenomena kehidupan masyarakat yang berhubungan dengan perilaku ekonomi.
e.Dan lain sebagainya.

B. SOSIOLOGI SEBAGAI METODE
Selain sebagai ilmu, sosiologi juga merupakan metode. Dengan demikian,  sosiologi  setidaknya harus mencakup pengetahuan dasar tentang: (1) kedudukan dan  peran  sosial individu dalam keluarga, kelompok sosial, dan masyarakat, (2) nilai-nilai dan  norma-norma sosial yang mendasari dan sekaligus mempengaruhi sikap dan perilaku  hubungan-hubungan sosial dalam masyarakat, (3) masyarakat dan kebudayaan daerah  sebagai  submasyarakat dan kebudayaan nasional Indonesia, (4) perubahan sosial budaya yang terus menerus berlangsung, baik yang disebabkan oleh faktor-faktor internal maupun faktor-faktor eksternal, dan (5) masalah-masalah sosial budaya yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk mengkaji masalah-masalah sosial yang mendasar seperti di atas sosiologi mengembangkan suatu metode penelitian yang dikenal dengan istilah metode sosiologi. Metode yang dipakai dalam penelitian sosiologi pada umumnya lebih dari satu metode keilmuan mengingat kompleksitas fenomena masyarakat yang menjadi objek penelitian. Adapun metode yang lazim dipakai dalam penelitian sosiologi antara lain:
1. Metode kualitatif, merupakan metode sosiologi yang menekankan pengumpulan data yang berupa kata-kata. Terdapat tiga macam metode kualitatif, yakni metode historis, metode komparatif, dan metode studi kasus.
a.                       Metode historis adalah metode yang dipergunakan untuk mencari dan sekaligus menganalisis data yang berupa peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa yang lampau dalam rangka memperoleh gambaran umum tentang fenomena kehidupan masyarakat yang terjadi pada masa silam. Contohnya adalah penelitian tentang pengaruh kolonialisme dalam peri kehidupan masyarakat Indonesia. Masalah  seperti itu dapat dikaji dengan menggunakan metode historis.
b. Metode komparatif adalah metode sosiologi yang dikembangkan melalui kegiatan perbandingan terhadap fenomena-fenomena yang terjadi dalam suatu masyarakat. Metode komparatif dapat bersifat horisontal meupun bersifat vertikal. Metode komparatif horisontal dapat dilakukan dengan  cara melakukan studi  perbandingan terhadap fenomena yang terjadi pada masyarakat yang satu dengan fenomena yang terjadi pada masyarakat yang lain dalam waktu yang bersamaan. Sedangkan  metode komparatif  vertikal dapat dilakukan dengan cara melakukan studi perbandingan terhadap fenomena yang terjadi pada masyarakat sekarang dengan fenomena yang terjadi pada masyarakat pada masa yang lampau.
c.                       Metode studi kasus merupakan suatu penelitian yang dilakukan terhadap suatu masyarakat tertentu dalam rangka mengkaji secara mendalam fenomena-fenomena yang terjadi dalam kehidupan masyarakat tersebut.
2. Metode kuantitatif adalah metode penelitian yang menekankan pengumpulan data dalam bentuk angka-angka. Tujuan penelitian kuantitatif adalah untuk mengukur  gejala-gejala sosial dengan ukuran-ukuran yang jelas. Terdapat dua macam metode kuantitatif, yaitu metode statistik dan metode sociometry.
a.                       Metode statistik adalah metode penelitian yang bertujuan untuk mengkaji fenomena sosial melalui data-data statistik.
b. Metode sociometry adalah metode penilitian yang bertujuan untuk  mencari hubungan-hubungan antarmanusia dalam kehidupan masyarakat secara  kuantitatif.
3. Metode induktif adalah metode penelitian yang dipergunakan untuk mengkaji  fenomena masyarakat dengan suatu proses yang dimulai dari kajian-kajian terhadap fenomena-fenomena yang secara khusus terjadi dalam kehidupan masyarakat untuk dipergunakan sebagai pertimbangan dalam mengambil kesimpulan umum.
4. Metode deduktif adalah metode penelitian yang dipergunakan untuk mengkaji  feno-mena masyarakat dengan suatu proses yang dimulai dari kaidah-kaidah umum untuk dijadikan alat dalam mengkaji fenomena-fenomena yang secara khusus terjadi dalam kehidupan masyarakat.
5. Metode empiris adalah metode penelitian yang dilakukan dengan cara yang  intensif dan sistematis dalam rangka menggali kenyataan-kenyataan yang terjadi dalam  kehidupan masyarakat (data-data empiris). Metode empiris tersebut dipergunakan  untuk memperoleh pengetahuan yang lengkap mengenai permasalahan yang  berkembang dalam kehidupan masyarakat.

C. HUBUNGAN REALITA SOSIAL DENGAN PERKEMBANGAN SOSIOLOGI
Sosiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang kehidupan masyarakat. Dengan demikian, dinamika sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perkembangan industrialisasi, sangat berpengaruh bagi perkembangan ilmu sosiologi. Sudah barang tentu dinamika sosial serta akibat-akibat yang ditimbulkan, baik yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif, akan selalu menarik perhatian bagi kalangan sosiolog. Beberapa persoalan seperti munculnya kelas-kelas  sosial, berkembangnya kriminalitas, berkembangnya urbanisasi, berkembangnya kemiskinan, dan lain sebagainya mendapat perhatian secara serius oleh para sosiolog melalui kegiatan  penelitian. Kegiatan penelitian yang dilaksanakan secara terus menerus seperti itulah yang mendorong berkembangnya ilmu sosiologi.
1. Perkembangan Sosiologi
Benih-benih perkembangan ilmu sosiologi sudah mulai terlihat sejak abad ke-19,  yakni dipelopori oleh Auguste Comte (1789-1857). Pemikir berkebangsaan Perancis  tersebut  telah berusaha untuk mengembangkan prinsip-prinsip dasar ilmu pengetahuan alam  untuk digunakan dalam pengembangan ilmu pengetahuan sosial. Menurut Auguste Comte: jika
metode-metode yang digunakan untuk mempelajari gejala-gejala alam dipergunakan pula untuk mempelajari gejala-gejala sosial, maka persoalan-persoalan sosial akan dapat dipelajari dan diatasi. Apa yang diusahakan oleh Comte tersebut mendapat perhatian secara luas oleh   ilmuwan-ilmuwan lain yang tertarik pada masalah-masalah sosial seperti Herbert Spencer (Inggris), Emile Durkheim (Perancis), Max Weber (Jerman), dan lain sebagainya. Akhirnya beberapa tokoh tersebut sepakat untuk menyebut ilmu pengetahuan yang mengkaji masalah-masalah sosial dengan istilah sosiologi. Pada akhir abad ke-20 ilmu sosiologi mengalami  perkembangan yang sangat menggembirakan. Di Indonesia, sebelum kemerdekaan sesungguhnya kajian-kajian tentang sosiologi  sudah sering dilakukan. Di beberapa lembaga perguruan tinggi, sosiologi diajarkan sebagai pelengkap mata kuliah ilmu hukum. Setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tahun 1948, untuk pertama kalinya seorang ilmuwan Indonesia, Soenario Kolopaking, mengajarkan  sosiologi kepada para mahasiswa Akademi Ilmu Politik di Yogyakarta. Tidak lama setelah itu sosiologi mengalami perkembangan yang sangat pesat yang ditandai dengan munculnya sosiolog-sosiolog berkebangsaan Indonesia seperti Djody Gondokusumo, Hasan Shadily, Selo Soemardjan, Soelaeman Soemardi, dan lain sebagainya.


2. Beberapa Pelopor dalam Bidang Sosiologi
Tokoh-tokohyangmempeloporimunculdanberkembangnyasosiologisangatlahbanyak.
Pada kesempatan ini akan ditampilkan sebagian kecil dari para tokoh  pelopor yang banyak
berperan dalam meletakkan dasar-dasar ilmu sosiologi dan sekaligus  mengembangkannya.
a. Auguste Comte (1798-1857)
Orang yang pertama kali memberikan nama sosiologi adalah Auguste Comte. Berkat jasa-jasanya yang besar dalam meletakkan dasar-dasar ilmu sosiologi, Auguste Comte  dianggap sebagai Bapak Sosiologi. Menurut pemikirannya, sosiologi terdiri atas dua  bagian penting, yaitu social statistic dan social dynamics. Sebagai social statistic, sosiologi  merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan timbal balik antara  lembaga-lembaga sosial.  Sedangkan sebagai social dynamics, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang  mempelajari perkembangan lembaga-lembaga sosial yang ada di tengah-tengah masyarakat.
Auguste Comte beranggapan bahwa fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan
masyarakat harus dikaji secara objektif, yakni didasarkan kepada kenyataan yang benar-benar terjadi dalam kehidupan masyarakat.
b. Herbert Spencer (1820-1803)
Herbert Spencer merupakan seorang pemikir berkebangsaan Inggris. Pemikiran-pemikirannya tentang ilmu sosiologi terutama dituangkan dalam bukunya yang berjudul The Principles of Sociology. Menurut pandangannya, sosiologi harus menyoroti hubungan timbal balik antara berbagai unsur yang membentuk masyarakat, seperti sistem nilai, system norma, lembaga keluarga, lembaga politik, dan lembaga keagamaan.
c. Emile Durkheim (1858-1917)
Pemikir berkebangsaan Perancis ini beranggapan bahwa sosiologi merupakan ilmu  pengetahuan sosial yang meneliti tentang lembaga-lembaga sosial dan sekaligus  proses-proses sosial. Pemikiran-pemikirannya yang mendalam tentang ilmu sosiologi telah memungkinkan ilmu ini berkembang menjadi beberapa cabang, yakni sosiologi umum, sosiologi agama, sosiologi hukum, sosiologi kesehatan, sosiologi ekonomi, sosiologi demografi, dan sosiologi estetika.
d. Max Weber (1864-1920)
Max Weber merupakan sosiolog berkebangsaan Jerman. Pemikir ini telah melakukan pengkajian tentang perilaku manusia serta melakukan pengkajian terhadap segala sesuatu
yang berhubungan dengan sebab-akibat terjadinya interaksi sosial. Menurutnya,  sosiologi
merupakan ilmu yang berusaha memberikan pengertian tentang aksi dan reaksi yang  terjadi dalam kehidupan sosial. Max Weber juga dikenal sebagai tokoh yang memelopori  terbentuknya metode sosiologi.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages

Advertisement (468 x 60px )